Search This Blog

Loading...

Wednesday, January 18, 2012

SAMPAH MASIH JADI MASALAH KOTA BESAR

SURABAYA -- Mengatasi persoalan sampah dengan menggunakan incinerator tidak efektif, selain mencemari lingkungan, kapasitas pembakarnya rendah. Hingga saat ini, sampah tetap menjadi masalah di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang. 

Permasalahan yang muncul, umumnya selain meliputi sistem distribusi di TPS (tempat pembuangan sementara), juga terkait petugas pasukan kuning dan kendaraan bongkar muat sampah sejak dari rumah.

Pernyataan tersebut diungkapkan Sekretaris Wakil Presiden RI, Ir Ririen Prihandarini MS di Surabaya, kemarin (5/10). Menurutnya, penyelesaian sampah dengan cara menimbun ataupun membakar, agaknya masih belum merupakan penyelesaian yang efektif. Tetapi mendaur ulang sampah dan menjadikannya barang yang bermanfaat, akan menjadi alternatif penyelesaian yang ekonomis dan dapat membuka suatu bisnis baru.


"Kenaikan jumlah penduduk dan meningkatnya taraf hidup masyarakat menyebabkan jumlah sampah setiap hari semakin meningkat. Masalah sampah bila pengelolaannya kurang baik akan membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, seperti bau busuk dan pemandangan yang tidak sedap," tuturnya.

Ririen menjelaskan, perkembangan dan arah kebijakan dalam pengelolaan sampah menjadi keprihatinan masyarakat yang berada dikota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan lainnya. Pola penyelesaian masalah sampah di kota besar, kata dia, umumnya bersifat sementara dan setiap tahun memerlukan biaya yang sangat besar.
"Target penyelesaian masalah sampah masih bersifat teoritis, tanpa arah yang jelas dan kurang menyentuh pola hidup masyarakat," ujar dia.

Di beberapa kota di Indonesia, lanjutnya, penyelesaian masalah sampah dilakukan dengan cara menimbun dan membakar melalui peralatan incinerator. Apabila masalah penanganan sampah ini dilakukan dengan cara menimbun, maka membutuhkan lahan yang luas agar dapat menampung sampah dan mengatasi pecemaran lingkungan.

"Sampah dibakar dengan menggunakan incenerator tidak akan efektif, karena untuk membakar sampah organik membutuhkan energi yang besar dan waktu yang lama. Sedangkan karakteristik sampah di Indonesia banyak mengandung organik, sebesar 70 persen hingga 80 persen," paparnya.

Menurutnya, incinerator dapat mencemari lingkungan serta kapasitas pembakarnya rendah. Dicontohkan, sampah DKI yang jumlahnya 22.000 m3 per hari, setara dengan 11.000 ton. Apabila satu hari incinerator bekerja 10 jam, maka untuk peralatannya saja membutuhkan anggaran Rp 30 miliar.

Sementara aktivis lingkungan hidup dari Ecoton, Prigi Arisandi mengatakan, hal yang paling riskan dalam menggunakan incinerator adalah adanya gas H2S yang mencemari udara dan meningkatkan suhu udara.

Di luar negeri, katanya, penggunaan incinerator dibatasi. Selain memerlukan modal yang besar, hasil yang diperoleh tidak memiliki nilai ekonomis. "Tetapi sebaliknya, alat tersebut justru menimbulkan gas beracun yang membahayakan masyarakat di sekitarnya," tandas Prigi.

Permasalahan sampah di kota, kata dia, sebenarnya dapat ditanggulangi dengan cara mendaur ulang menjadi bahan-bahan yang bermanfaat. Peluang bisnis yang bisa dilakukan, yakni mendaur ulang sampah un-organik seperti kertas, plastik, karet, kaca dan logam untuk dijadikan bahan baku industri. "Itu sudah dilakukan oleh pasukan kuning, pemulung, pengepul hingga juragan sampah,"imbuhnya.



http://www.pda-id.org/library/index.php?menu=library&act=detail&Dkm_ID=20040066



Santosorising.blogspot.com
0857.360.180.37

Kami membuat system dimana yang penting Bukan berapa besar panas sumber yang dihasilkan  Namun tungku pamanas harus dapat dipaksakan memenuhi panas yang diinginkan oleh media yang dipanaskan oleh tungku. Jadi panas yang dihasilkan lebih stabil bukan pada sumber namun pada tujuan akhir media yang dipanaskan. Oleh karena itu suplai bahan bakar diatur berdasarkan panas yang diminta oleh media yang dipanaskan. Bila kurang maka akan secara otomatis menambah suplai bahan bakar sampai terpenuhi, namun bila sudah cukup maka secara otomatis akam mengurangi suplai bahan bakar.
Inilah yang kami sebut sebagai EFFECTIVE FUEL SUPPLY

Keistimewaan Utama dari Biomass Furnace
1.    DIRECT HOT AIR SYSTEM (System Pemanasan Langsung)
2.    CONSTANT TEMPERATURE (Suhu yang di hasilkan dijaga agar tetap constant dan harus memenuhi target yang dipanaskan)
3.    LOWEST SMOKE (Menghasilkan Asap yang sangat rendah)
4.    PERFECT COMBUSTION (menghasilkan Pembakaran yang sempurna
5.    FULL AUTOMATIC (Mulai dari pengisian, pengaturan suhu hingga pembuangan arang diatur secara otomatis)
6.    EASY OPERATION (Cara Operasional yang mudah)
7.    EASY MAINTENANCE (Cara Perawatan yang Mudah)
8.    Maximum source temperature 1400 0C (Suhu Sumber Panas Maksimal ± 1400 0C)
9.    Very low Production Cost (Menghasilkan Penekanan Biaya Produksi dari segi bahan bakar Menjadi Serendah Mungkin)
10.  Good for material that still had skin, such as Paddy, etc. (efektif digunakan untuk Bahan yang masih memiliki Kulit / pembungkus seperti padi dll)
11.  Low horse power Consumption (Konsumsi daya listrik yang rendah)
12.  Fire Brick, Castable, Rockwool Insulation, Aluminiun Sheets. Untuk Tungku kami lapisi dengan Fire Brick (Batu Tahan Api) yang berkekuatan menahan panas sesuai dengan dibutuhkan oleh tungku. Untuk Ducting (Pipa penyaluran Panas) Kami menyiapkan Rockwool Insulating dan dibungkus lagi dengan Aluminum Sheets sehingga panas tidak terbuang keluar.
13.  Secara umum mesin ini bekerja tidak serentak, namun secara efektif diatur otomatis mengikuti system yang ada, yang bekerja continue hanya blower – blower, sedangkan yang lainnya diatur secara otomatis.
14.  Automatic and Manual Operation. Bila dalam kondisi normal maka mesin akan bekerja secara otomatis, namun bila dalam kondisi darurat maupun dalam kondisi perawatan atau perbaikan, maka mesin dapat dijalankan secara manual, artinya setiap motor dapat dijalankan dan dimatikan secara manual.
15.  Temperature controller. Kami memasang bebarapa temperature controller dan temperature display sesuai yang dibutuhkan. Diantaranya di sumber panas, Terminal Pencampuran Panas, dan di Media yang dipanaskan.
16.  Easy Discharge. Kami membuat system dimana para operator dapat membuang/menguras arang dalam tungku secara mudah, sehingga perawatan dari tungku menjadi lebih mudah.
17.  Low Noise, Low Smoke. Mesin ini tidak menghasilkan polusi suara dan polusi udara karena asap yang berlebihan. Karena bahan bakar terbakar sempurna maka bentuk api bisa lebih besar dan asap yang dihasilkan sedikit sekali.
18.  Dust Reduction System. System yang mereduksi dan mengurangi debu, arang halus, maupun bahan ringan yang mudah melayang untuk naik keatas. Ini sangat efektif untuk menghasilkan panas yang bersih.
19.  Arang Dingin. Produk buangan Arang yang dihasilkan oleh mesin ini sudah dalam kondisi dingin dan tidak berbahaya bagi lingkungan.
20.  Stirring. Untuk mengeluarkan arang dalam tungku kami menggunakan system stirring yang secara efektif mendorong arang keluar dari tungku menuju ruangan pengendapan arang, dimana arang akan didinginkan dulu sebelum dibuang.


Full Automatic
ü  Otomatis mengatur kebutuhan panas tungku.
ü  Otomatis mengatur kebutuhan panas yang dibutuhkan masing – masing DRYING MACHINE
ü  Otomatis mengatur sendiri kebutuhan Biomass dalam tungku.
ü  Otomatis membuang arang dalam tungku.
ü  Otomatis mengatur kebutuhan oksigen dalam tungku.
ü  Otomatis Tungku akan Mati bila DRYING MACHINE sudah kering atau selesai beroperasi .
ü  Otomatis menjaga keamanan bila dryer tidak dalam kondisi Dyring.
ü  Otomatis memberi peringatan bila kondisi Bahan Bakar dalam silo Bahan Bakar habis atau tidak lancar.
ü  Otomatis menjaga setiap motor agar tidak terbakar akibat ganguan mekanik.

Contact us at : dananekocahyono@yahoo.com.sg


Untuk teknologi Aplikasi yang kami sudah aplikasikan bisa di lihat di daftar blog kami dibawah ini (Terima kasih Sudah Berkunjung, Jangan lupa beri Komentar)
Usulan Pemecahan Masalah untuk Pengolahan limbah sludge di PT Adiprima Suraprinta di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/usulan-pemecahan-masalah-untuk.html
Usullan Pemecahan Masalah di PT PINDO DELI PULP & PAPER MILLS di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/sludge-kertas-sebagai-sumber-bahan.html\
External dryer untuk jagung system continous Jombang 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/external-dryer-untuk-jagung-system.html
Biomass Furnace Bigsize di Tegal Jawa Tengah 2009 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-bigsize-di-tegal-jawa.html
Biomass Furnace Alasmalang Banyuwangi Jawa Timur 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-alasmalang-banyuwangi.html
Biomass Furnace Singojuruh Banyuwangi Jawa Timur 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-singojuruh-banyuwangi.html
Biomass Furnace di Rogojampi Banyuwangi Jawa Timur 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-di-rogojampi-banyuwangi.html
Biomass Furnace di Kenjo Banyuwangi Jawa Timur 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-di-kenjo-banyuwangi.html
Video Biomass Furnace Big Size Glagah Banyuwangi Jawa Timur di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/video-biomass-furnace-big-size-glagah.html
Biomass Furnace Big size Glagah Banyuwangi Jawa Timur 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-big-size-glagah.html
Video Innovation Beyond The Imagination Biomass Furnace Tegal Jawa Tengah 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/video-innovation-beyond-imagination.html
Innovation Beyond The Imagination Biomass Furnace Tegal Jawa Tengah 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/tegal-jawa-tengah-2008.html
Innovation Beyond The Imagination Biomass Furnace Rogojampi Banyuwangi 2008 di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/innovation-beyond-imagination-biomass.html
Biomass Furnace (Tungku Berbahan bakar Biomass) di Purwoharjo, Banyuwangi, Jawa Timur di : http://santosorising.blogspot.com/2012/01/biomass-furnace-tungku-berbahan-bakar.html
Biomass Furnace (Tungku Berbahan bakar Biomass) Teknologi yang semakin digemari sebagai alternatif pengganti BBM di : http://santosorising.blogspot.com/2011/12/paslagi-rame-nih-beberapa-investor.html
Gambaran Bentuk Lidah Api Biomass Furnace Sebagai Sumber Energi Terbaharukan di : http://santosorising.blogspot.com/2011/12/gambaran-bentuk-lidah-api.html
Biomass Furnace di Pajarakan, Probolinggo, Jawa timur. di : http://santosorising.blogspot.com/2011/12/proyek-ketiga-ini-untuk-aplikasi.html
Biomass Furnace (Tungku Berbahan bakar Biomass) yang ke 2 kali Kubuat di : http://santosorising.blogspot.com/2011/12/biomass-furnace-tungku-berbahan-bakar_26.html
Biomass Furnace (Tungku Berbahan bakar Biomass) pertama kali Kubuat di : http://santosorising.blogspot.com/2011/12/biomass-furnace-tungku-berbahan-bakar.html

Post a Comment